banner 728x250
Berita  

Wabah PMK, Pedagang Kambing dan Domba Kebanjiran Pesanan Hewan Kurban

banner 120x600
banner 468x60

 748 total views

TANGSEL – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak menjelang lebaran Idul Adha terus meningkat.

banner 325x300

Merebaknya PMK di Tangsel berdampak kepada penjualan ternak sapi dan kambing menjelang Idul Adha 2022.

Akbar salah satu pedagang hewan kurban di Pamulang, Tangsel mengatakan, pembeli lebih tertarik membeli kambing sebagai hewan kurban.

“Untuk tahun ini kambing memang lebih banyak pembeli, rata-rata (pembeli) beralasan karena sapi banyak yang terjangkit PMK,” kata Akbar saat ditemui awak media, Jumat (8/7/2022).

Akbar menyediakan 30 ekor kambing di lapak dagangannya di area Jl.Aria Putra Rt.09/10 Kedaung Pamulang Tangsel . Per hari ini, kambing yang dijual tersisa 5 ludes diborong pembeli dalam kurun waktu seminggu.

Untuk satu ekor kambing, Akbar membanderol senilai Rp 2,5 juta hingga Rp 4,5 juta. Dibandingkan tahun lalu, harga itu mengalami kenaikan.

“Kalau pun naik, tapi tidak signifikan. Tidak terlalu tinggi seperti tahun-tahun sebelumnya. Mungkin karena PMK ini juga,” tuturnya.

Sebagai jaminan, semua hewan kambing yang dijual pedagang telah mendapatkan pemeriksaan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tangsel, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terhadap kesehatan hewan kurban yang akan dibelinya.

“Sudah ada pemeriksaan dari dinas, jadi yang disini sehat-sehat,” Tutup Akbar.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *